Thursday, June 25, 2009

Ekspresikan Perasaan, Robot pun Merem Melek


Jepang - Saat ini ada berbagai jenis robot yang dikembangkan, mulai dari robot yang masih 'kaku' hingga robot yang menyerupai manusia (humanoid). Maret lalu, para peneliti Jepang mengembangkan sebuah robot humanoid perempuan yang mampu menampilkan ekspresi wajah.

Para ahli di Inggris tak mau kalah, mereka membesut sebuah robot yang mampu bergerak layaknya manusia. Ada juga robot yang dapat menenangkan anak-anak yang takut di rumah sakit, serta robot yang jago memasak.

Kini, para peneliti di Tokyo's Waseda University memperkenalkan sebuah robot humanoid, yang diklaim sebagai robot pertama di dunia yang mampu memperagakan berbagai macam emosi dengan menggunakan seluruh raut wajah dan gerak tubuh untuk mengekspresikan perasaannya.

Seperti dikutip detikINET dari Discovermagazine, Kamis (25/6/2009), disebutkan bahwa robot ini mampu menampilkan berbagai ekspresi perasaan, seperti senang, takut, kaget, sedih, marah, jijik dengan cara membuka dan menutup mata, menggerakkan bibir dan alis, serta menggunakan lengan dan kaki.

Robot bernama "KOBIAN" ini diinstal dengan 48 aktuator yang membuat wajah dan tubuhnya bisa bergerak dalam berbagai cara.

Jika ingin mengekspresikan rasa senang, KOBIAN akan membuka mata dan mulutnya lebar serta mengangkat lengannya. Sedangkan untuk menampilkan ekspresi sedih, robot ini akan menundukkan kepala seraya menutup mata.

dikutip dari : detikinet.com

No comments: