Thursday, February 02, 2006

Merpati Mengetahui Kadar Pencemaran Udara


Jakarta, Blog memang medium komunikasi untuk semua. Mulai dari anggota DPR, rakyat biasa, hingga robot bisa ngeblog. Bahkan kini, merpati pun ngeblog.

Peneliti di Amerika Serikat berencana untuk melepaskan segerombolan merpati yang dilengkapi peralatan khusus. Peralatan tersebut terdiri dari sejenis ponsel, pelacak Global Positioning System (GPS), sensor udara, dan kamera.

Seperti ditulis dalam New Scientist Magazine, sebanyak 20 merpati akan diterbangkan untuk memantau polusi udara. Perangkat yang terpasang di tubuh mereka akan mendeteksi kadar karbon monoksida dan nitrogen di udara untuk menentukan mutu udara yang mereka lalui.

Kemudian hasil sensor itu akan dikirimkan langsung ke blog khusus di internet. Kamera yang terapsang di leher merpati akan digunakan untuk mengambil gambar. Demikian dikutip detikINET, Kamis (2/2/2006), dari reuters.

Adalah peneliti Beatriz da Costa dan dua muridnya, dari University of California at Irvine, yang memiliki ide tersebut. Gerombolan merpati itu akan dilepaskan bulan Agustus 2006 di San Jose, California, AS. (wsh)

No comments: