Sunday, March 26, 2006

Artikel Modem (Bag 1)

Modem

Hardware guide To The Galaxy / Harco_co_id - 06:52 AM

pada edisi yang pertama ini kami akan menjelaskan tentang modem. Belakangan ini sering sekali mendengar istilah modem, tetapi terkadang kita suka bingung dan bertanya-tanya apa sih sebenarnya modem itu ? dan apapula kegunaannya ? serta jenis modem secara umum.
MODEM merupakan singkatan dari MODulator - DEMulator. Fungsi dari modem adalah merubah signal analog menjadi digital dan sebaliknya. Modem merupakan alat yang memungkinkan komputer untuk melakukan pengiriman/penerimaan data melalui kabel telepon. Dimana informasi tersebut disimpan secara digital yang dikirimkan melalui kabel telepon yang menggunakan teknologi analog, disinilah modem berfungsi sebagai konverter data tersebut.

Ada 2 jenis modem yang dilihat secara fisik, yaitu Modem External dimana yang dipasang di luar komputer dan menggunakan standard interface yaitu RS-232 untuk menghubungkan modem dengan komputer dan Modem Internal yang merupakan board tambahan yang dipasang di slot expansion yang terdapat dalam komputer.

Sampai jumpa pada edisi selanjutnya, semoga kehadiran NatNit.Net akan menimbulkan kinerja positif pada komunitas komputer indonesia, Dan kami http://www.harco.co.id akan mendukung untuk merealisasikan hal tersebut.

No comments: