Monday, March 13, 2006

Laptop Berbahaya Bagi Penerbangan


Jakarta, Studi menemukan penggunaan barang-barang elektronik jenis laptop dan gadget lain pada saat penerbangan juga bisa membahayakan keselamatan. Nah lho!

Ternyata tak hanya sinyal dari ponsel saja yang bisa mengganggu sistem navigasi pesawat. Sebuah studi oleh Universitas Carnegie Mellon di Amerika Serikat (AS), menemukan bahwa penggunaan gadget jenis laptop dan penggunaan perangkat bermain game juga bisa mengganggu sistem navigasi pesawat terbang.

Penelitian ini dijalani dengan melakukan berbagai perjalanan pada maskapai komersial lintas AS dan memonitor emisi gelombang radio dari para penumpang yang menggunakan ponsel atau alat elektronik lain di atas pesawat.

"Kami menemukan bahwa resiko yang diakibatkan dari alat-alat ini (laptop dan perangkat bermain game-red) lebih tinggi dari yang pernah diperkirakan sebelumnya," Bill Strauss, seorang ahli aircraft electromagnetic yang juga merupakan lulusan universitas ini menjelaskan. Demikian dikutip detikINET dari harian Sydney Morning Herald, Jumat (03/03/2006).

"Perangkat ini bisa mengganggu operasi instrumen di dalam kokpit, khususnya penerima sinyal Global Positioning System (GPS), yang sangat vital kaitannya dengan pendaratan yang aman," imbuhnya. Penggunaan ponsel pada saat berada dalam pesawat terbang memang sudah dilarang keras oleh berbagai maskapai di seluruh dunia. Namun, penggunaan alat elektronik lainnya masih diperbolehkan.

Belum ada kasus kecelakaan yang terkait dengan penggunaan kedua alat tersebut. Hasil studi ini ditujukan agar para penumpang dan kebijakan maskapai juga lebih berhati-hati demi keselamatan bersama. "Kami harap penggunaan perangkat portabel dan elektronik harus dibatasi penggunaannya, untuk keamanan dan keselamatan," Granger Morgan, kepala departemen teknik dan public policy pada universitas Carnegie Mellon menghimbau.

1 comment:

Cowok said...

wah gusslingga blognya tentang percintaan hehe
Boleh ya rama ambil artikelnya dikit :D