Wednesday, October 18, 2006

3G, Apa Itu?

3G atau generasi ketiga merupakan nama generik bagi serangkaian teknologi mobile yang dipersiapkan untuk diluncurkan pada akhir 2001 lalu. Ia memakai jaringan infrastruktur, handsets, base stations, switches, dan perangkat lain yang memungkinkan komunikasi seluler dengan akses internet berkecepatan tinggi, data, video, dan layanan musik yang kualitasnya setara Compact Disc (CD). Kecepatan data di jaringan generasi ketiga mencapai 2 megabits per detik.

Berita terbaru mengenai teknologi ini datang dari Negeri Tirai bambu, Cina. Pekan lalu (24/8) Cina mengumumkan kesuksesannya membuat chipset ponsel 3G. Temuan ini dipastikan akan membuat Cina terbebas dari ketergantungan pasokan oleh produsen tunggal yang selama ini menjerat. Standar terbaru untuk chipset ponsel generasi ketiga dikembangkan oleh Spreadtrum Communications Inc cabang Shanghai.

Perusahaan ini terkenal sebagai penyedia solusi software sirkuit seluler terintegrasi. Di pasaran, sebuah chipset dijual seharga 25 hingga 50 dolar AS. Harga itu setara dengan 70 persen biaya pembuatan ponsel. Selama ini, pabrikan ponsel harus mengeluarkan uang lebih dari 10 miliar dolar AS untuk mengimpor chipset. Di Cina kini terdapat sekitar 300 juta pengguna ponsel.

China chip, begitu chipset itu disebut. Penggunannya telah disepakati oleh perusahaan ponsel raksasa asli Cina, seperti Amoi, Bird, Lonovo, dan Hisense. Pemakaian China chip dengan sendirinya akan menghasilkan ponsel yang benar-benar asli buatan Cina.
(rei/hindustantimes/cellular.co.za )

No comments: