Tuesday, December 20, 2005

Apa Itu Router

Router.....merupakan sebuah perangkat yang sangat diperlukan dalam sebuah sistem manajemen jaringan yang lumayan besar.. yang fungsi utama nya adalah sebagai operasi Forwarding berdasarkan pada alamat lapis jaringan, kalo kata kawan aku " mak comblang nya IP" hehehe :}.

Jadi Router dengan kata lain dapat kita defenisikan sebagai alat yang mampu meneruskan paket-paket dari protocol-protocol yang telah dirouting misalkan saja IP. Router saling bertukar Informasi tentang jaringan tujuan dengan menggunakan berbagai protocol routing dan selalu memperhatikan protocol... :P

so..ternyata sebuah router dengan basis linux mengasyikan juga ya.."maklum aku maseh pemula" hehe ;)... penggunaan Iptables untuk sebuah router basis linux membuat kita semakin bebas dan berkuasa terhadap tindak tanduk dari si client.. selain fungsi dari Iptables yang lumayan hebat juga Iptables mampu membatasi paket-paket yang akan masuk dan keluar dari sebuah router "kayak fire wall..donk"

iptraf...wah bagus juga ni buat monitoring IP yang keluar masuk dari jaringan kita dalam bentuk trafik berupa Total byte IP, TCP, UDP, ICMP, Non IP... alamat dan port asal paket TCP....bahkan static layanan TCP dan UDP juga statik client yang terhubung pada LAN dapat kita lihat " maseh ada lagi loo fungsinya..cuma aku belum tau tu"

akhirnya masih banyak lagi yang perlu aku pelajari dari Linux itu sendiri.."ternyata aku masih bodoh :( "


Linux atau semua varian unix memang punya kemampuan built-in utk mengurus hal2 yg berhubungan dgn network. Mulai dari socket, protocol, session, sampai ke aplikasi. Salah satu peran unix adalah sebagai routing device (router). Kalo lo pernah main di router cisco pasti familiar dgn environment-nya yg mirip unix.

Routing daemon di linux adalah routed dan kalo mau dipakai sbg gateway tambahin juga gated (optional). iptables itu sendiri nggak mengatur lalu lintas paket dan nggak punya routing table. Kalo mau routing statik harus pake perintah 'route' utk update routing table.

Tambahan utk firewall; Kalo mau gampang bikin access control dan NAT pake aja shorewall. Software ini jg memakai iptables tapi lebih mudah pemakaiannya karena tinggal edit file 'rules' dan 'interfaces'.

3 comments:

Anonymous said...

http:\\aaajuuuz.blogspot.com(erick estanto)

Anonymous said...

http:\\aaajuuuz.blogspot.com(erick estanto)

Anonymous said...

http://rudiindrawan.blogspot.com