Wednesday, December 21, 2005

Tips Hemat

Melambungnya nilai mata uang dolar terhadap rupiah tentu berimbas langsung ke pendapatan kita. Harga-harga terbang semakin tinggi sementara pendapatan tetap. Mau tak mau kita harus irit. Berikut ini cara mudah untuk berhemat:

1. Bayar tunai
Hindari pembayaran memakai kartu kredit. Bayar tunai bila memungkinkan, karena orang cenderung enggan belanha jika tak ada uang tunai. Tindakan ini akan menghemat banyak uang dan juga menyelamatkan Anda daru bunga kartu kredit yang mencekik.

2. Jangan menelpon pada jam puncak
Kala tagihan telepon datang, kita kerap kaget memelototi angka tagihan yang cukup besar. Ini bisa dikurangi dengan menelpon di malam hari atau diakhir pekan.

3. Coba sebelum membeli
Anda pasti pernah membeli barang-barang mahal yang sebenarnya tak diperlukan. Untuk menghindarinya, sebelum membeli barang mahal, usahakan meminjam, menyewa, atau mencoba dulu sebelum membayar. Jika cepat bosan setelah mencoba, Anda tahu bahwa Anda tak membutuhkannya. Lebih baik Anda berlari di treadmill di pusat kebugaran daripada membelinya kemudian hanya menjadi tempat sandaran handuk.

4. Bandingkan harga
Harga-harga di satu toko dengan toko lain tentu bervariasi. Cobalah membandingkan harga di toko satu dengan yang lain. Tanya teman, atau berselancaar di internet untuk membandingkan harga sehingga Anda mendapat harga terbaik.

5. Belanja makanan:
- Rencanakan menu-manu yang akan dibuat sehingga Anda dapat membeli bahan makanan dalam jumlah banyak. Biasanya membeli dalam jumlah banyak lebih murah.
- Beli di toko babah yang jauh lebih murah daripad supermarket.
- Simpan stok jika ada diskon. Tentu dalam jumlah yang masuk akal. Jangan sampai stok itu malah membus

No comments: