Sunday, August 06, 2006

Google Hadirkan Fitur Pendeteksi Situs Jahat

Jakarta, Google resmi meluncurkan sebuah fitur baru yang memungkinkan penggunanya berjelajah di Internet dengan tenang.

Lewat fitur ini, pengguna mesin cari Google sedianya akan diberi peringatan sebelum mereka mengunjungi situs yang dicurigai sebagai situs penyebar badware, termasuk di dalamnya spyware, malware dan adware.

Layanan tersebut, seperti dilansir betanews dan dikutip detikINET Senin (07/08/2006), merupakan hasil kolaborasi Google dengan StopBadware.org, organisasi yang memiliki misi memerangi dan menghentikan penyebaran software jahat.

Lebih lanjut disebutkan, akan muncul peringatan yang terhubung langsung ke page warning StopBadware.org. Tujuannya, agar pengguna yang berniat men-download sebuah aplikasi software terhindar dari situs-situs penyebar badware.

Pengguna juga akan diberikan rekomendasi langkah apa yang perlu dilakukan dan solusinya. Tidak men-download software atau mengunjungi situs tersebut misalnya.

Menurut StopBadware.org, belum semua page situs jahat dimuat detil informasinya. Sampai saat ini mereka masih terus melanjutkan penelitian terkait situs-situs jahat.

"Mudah-mudahan untuk ke depannya, kami bisa mempercepat dan merampungkan misi kami dalam menyediakan informasi yang obyektif dan dapat diandalkan tentang aplikasi downloadable. Ini akan sangat membantu pengguna membuat pilihan yang lebih baik sebelum men-download," ujar StopBadware.org.

Sekedar informasi, StopBadware.org dibentuk Januari 2006 lalu dan dipimpin Berkman Center Harvard and Oxford Internet Institute. Beberapa perusahaan yang mendukung organisasi ini termasuk Google, Lenovo, dan Sun Microsystems.

Sampai berita ini diturunkan, Google masih belum mau memberikan komentar perihal detil layanan ini.

No comments: