Wednesday, August 02, 2006

Talkshow dan Workshop Blog di Jawa Tengah 'Banjir'

Semarang, Jawa Tengah, khususnya Semarang, 'kebanjiran'! Inilah yang setidaknya terjadi di Auditorium Gedung Fakultas Teknik Informatika (FTI), Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang. Bukan lantaran hujan, namun dibanjiri para pengunjung talkshow dan workshop "Share Your Knowledge With Blog" yang digelar Unissula bekerjasama dengan detikINET, Rabu (26/07/2006).

Pastinya, jumlah peserta telah melampaui kuota yang ditargetkan. Lebih dari 200 peserta seminar datang meramaikan acara ini. Padahal kapasitas yang targetkan hanya 150 orang saja. Mereka dari berbagai daerah di Jawa Tengah, termasuk Semarang, Lasem, Salatiga, Pati, Yogyakarta, Batang.

Meski melebihi kuota, panitia tetap berbaik hati melayani. Mereka yang antusias ingin nimbrung di seminar blog tersebut pun diperbolehkan masuk. Kursi-kursi tambahan dikerahkan agar peserta yang belum kebagian 'jatah' bisa duduk tenang menggali informasi dari para pembicara.

Kurang lebih pukul 10.00 WIB, acara pun dimulai. Acara diawali dengan kata sambutan dari Dekan FTI, Muhammad Haddin, MT. Dalam sambutannya, Haddin menegaskan bahwa budaya menulis, salah satunya melalui blog, akan dapat menjadi salah satu penggerak diseminasi informasi dan pengetahuan di Indonesia. Setelah sambutan dari Haddin, sebelum masuk ke sesi diskusi, ayat suci Al-Qur'an pun dilantunkan dengan merdu oleh salah seorang staf / dosen UNISSULA.

Masuk ke sesi diskusi, format acara tak seperti lazimnya yang melulu berupa seminar. Kali ini penyelenggara mengusung dalam bentuk talkshow interaktif. Bertindak selaku moderator adalah Nur Firdaus Masrur, salah satu staf pengajar di UNISSULA yang juga merupakan praktisi teknologi informasi (TI) di Semarang.

Acara pun dibawa oleh moderator dengan cair, nyaris tak ada batasan antara peserta dengan nara sumber. Untuk memulai sesi, Donny B.U. (Redaktur Pelaksana detikINET), berbagi informasi tentang seluk beluk dunia blog dan manfaat menulis.

Diskusi pun berlangsung cukup hangat. Sesekali terdengar suara tawa dan geerrr dari para peserta yang terdiri atas para dosen, mahasiswa, guru, siswa sekolah menengah dan umum.


Mulailah Menulis

Dijelaskan pula bahwa menulis memang gampang-gampang susah. Butuh niat, motivasi dan harus konsisten. Lebih lanjut, Donny menceritakan tentang tips dan kiat untuk mulai menulis. Salah satunya adalah dengan menggunakan lima panca indra kita untuk memulai mencari topik tulisan.

Untuk memberikan contoh dan inspirasi, Donny pun sesekali memperlihatkan contoh-contoh blog lokal. Pertanyaan dari peserta pun cukup kritis, semisal "adakah aturan atau undang-undang yang mengatur tentang blog?"

Dengan tersenyum, Donny mengatakan bahwa orang kreatif adalah orang yang sesekali akan nekat melanggar aturan atau pakem . "Yang jelas, tak ada aturan yang khusus mengatur tentang aktifitas nge-blog. Tetapi yang harus diingat, nge-blog pun akan memiliki konsekuensi hukum apabila kontennya ternyata terkait dengan pihak lain," ujar Donny menjelaskan.

Selanjutnya, materi dilanjutkan oleh Barry Laurens, Asisten Marketing & Communication Manager Terra Computer Systems. Adapun Barry banyak memaparkan tentang perangkat mobile semisal notebook, yang dapat mendukung proses nge-blog secara lebih mudah.

Dalam kesempatan tersebut, Barry mengatakan kebutuhan perangkat bergerak seperti notebook kian besar. "Kini orang perlu PC ke-2, yaitu notebook," ujarnya. Barry juga memperkenalkan beberapa platform teknologi terbaru untuk notebook yang berbasiskan prosesor Intel. Salah satu notebook yang diunggulkan Barry adalah besutan Axioo


Loenpia Ikut

Di kesempatan yang sama, hadir juga komunitas blogger Semarang 'Loenpia' untuk turut menghangatkan diskusi. Salah seorang perwakilan Loenpia, yang akrab dipanggil Pepeng, berbagi informasi tentang blog komunitas mereka di (www.loenpia.net).

Loenpia.net merupakan wadah bagi komunitas blogger Semarang dan sekitarnya, yang didirikan 15 oktober 2005. Saat ini, menurut Pepeng, Loenpia masih mencoba menemukan format yang pas untuk menampung warna blogger Semarang.

"Kalau mau tau lebih banyak tentang Loenpia, gabung dulu aja. Nanti pasti kita kasih tau lebih banyak," guraunya sembari promosi. Beberapa peserta siswi SMU pun sempat 'heboh' lantaran gaya bicara Pepeng yang kocak.


Tentengan

Para peserta diharapkan tidak pulang dengan tangan kosong. Selain mendapatkan ilmu, ada banyak doorprize yang bisa dibawa pulang. Doorprize diberikan disela-sela talkshow, melalui pertanyaan-pertanyaan ringan seputar blog.

Mereka yang bisa menjawab pertanyaan dengan benar, akan diberikan beberapa suvenir persembahan Unissula, detikINET, Andi Publisher, Intel. T-shirt dan blocknote eksklusif detikcom, CD Warnet dari Microsoft, CD Pembelajaran SMP-SMA dari Partners in Learning, beberapa buku terbitan Andi Publisher dan aneka suvenir lain seakan mengalir tak ada habisnya ke tangan para peserta.

Lantaran kepiawaian moderator dalam mengarahkan alur diskus, tanpa terasa waktu sudah menginjak pukul 12.00 WIB. Diskusi yang sesekali diselingi dengan kuis berhadiah tersebut, terpaksa harus diakhiri.


Workshop Blog

Usai acara talkshow, sebagian dari peserta langsung menuju ke lab komputer FTI untuk mengikuti acara lanjutan berupa workshop. Para pesertanya adalah para guru dan siswa SMU/SMK se-Jawa Tengah. Acara dimulai pukul 13.00 hingga 15.00 WIB.

Sama seperti talkshow, jumlah pesertanya pun melampaui kapasitas yang ditargetkan. Awalnya ditarget hanya untuk 30 orang. Tetapi ternyata pesertanya mencapai 50 orang.

Oleh Tim Klinik Multimedia Teknik Informatika UNISSULA, para peserta yang notabene adalah para guru dan siswa SMU/SMK diajarkan bagaimana tahapan dan cara membuat blog. Tim UNISSULA memakai 'blogger' dan 'edublogs' untuk praktek pembuatan blog.

No comments: