Monday, January 23, 2006

Meebo, Layanan Chatting via Browser

Detikinet, Ada gaya baru ngobrol (chatting) bagi para penggemar Instant Messaging (IM). Kalau komputer anda tidak diperbolehkan menjalankan aplikasi IM, coba saja chatting melalui browser.

Pakai saja 'Meebo', ini adalah layanan IM berbasis web, yang jalan di browser. Untuk sekarang, aplikasi ini masih dalam versi awal (alpha), dan baru bisa dijalankan di browser Internet Explorer dan Mozilla Firefox.

Meebo terbilang istimewa, karena menyodorkan semua jenis layanan IM. Jadi sekali masuk, kita bisa memilih layanan IM kesukaan mulai dari ICQ, Yahoo Messenger, MSN Messenger dan Jabber. Pilih salah satunya, dan log-in seperti biasa.

Beralaskan browser, kita bisa chatting dengan teman-teman yang bisa kita tambahkan namanya di buddy list. Selain fasilitas IM, aplikasi ini juga menyediakan fitur blog dan forum.

Meski masih banyak kekurangan, Meebo bisa jadi andalan bagi mereka-mereka yang dilarang menginstal aplikasi IM di komputernya. Misalnya, pekerja kantoran yang perusahaannya melarang karyawannya chatting di jam kantor.

Chatting lewat Meebo harus membiasakan diri dengan keterbatasannya, seperti tidak adanya window saat teman mengirim pesan, dan tentu saja belum bisa diandalkan untuk melakukan conference. Ikon smileys-nya juga tidak tertera dalam satu daftar, dan menu-menu pelengkap juga belum ada.

Ingin berkenalan dengan pendiri Meebo? Anda bisa cari tahu melalui menu About. Ada tiga anak muda penggemar komputer yang mengawaki Meebo. Mereka adalah Seth alias Biz Guy, lulusan ilmu politik di Yale, yang pernah bekerja di IBM. Lalu ada Elaine alias AJAX Girl, lulusan Symbolic Systems di Stanford, dan ada Sandy alias Server Chick, lulusan Ilmu Komputer dari Stanford.

Mau mencoba Meebo? Ketikkan URL berikut di browser IE atau Firefox: www.meebo.com. Meebo melakukan mirroring terhadap layanannya. Jadi tak heran jika nanti Anda akan di-redirect ke beberapa mirror, seperti: www14.meebo.com atau www16.meebo.com
(nks)

No comments: