Thursday, January 05, 2006

Tips Mengontrol Emosi Di Kantor

Ketika seseorang atau sesuatu di kantor membuat anda naik darah, bagaimana anda meredakannya tanpa perlu mempengaruhi karir anda? Pelajari bagaimana mengontrol reaksi hingga segala sesuatu yang membuat kemarahan anda lebih mudah teratasi dibanding yang anda pikirkan.


Berikan diri anda waktu istirahat
Jika anda berada dalam situasi dimana anda hampir terpancing emosi, lakukan apapun yang anda harus lakukan dengan tenang, tinggalkan situasi tersebut, misalnya minta ijin tinggalkan rapat, ambilah udara segar, jalan-jalan ke ruangan lain atau menemui seorang teman di lantai lain. Kesempatan ini adalah waktu bagi anda untuk meredakan emosi. Anda akan merasa jauh lebih baik dan dapat mengatasi apapun yang membuat anda marah.


Mengarahkan kembali perhatian anda
Salah satu cara lain mengatasi emosi di kantor adalah mengarahkan kembali perhatian mental anda dari aktivitas yang tidak dikehendaki dengan sebuah pengganti misalnya aktivitas atau pikiran yang jauh lebih positif.


Jangan biarkan amarah keluar
Tidak pernah diterorir sebuah kemarahan terjadi di kantor. Bukan saja hal ini menujukan lemahnya kontrol diri, juga merupakan petunjuk ketidakdewasaan anda dalam mengontrol emosi. Cobalah ambil napas dalam karena oksigen ekstra akan membuat anda segar dan santai dan juga memperlambat aliran adrenalin .


Jangan coba-coba memakai kekuatan fisik
Mendorong, meninju atau kekerasan fisik lain bukan sebuah solusi malah akan membuat masalah semakin besar. Jika ini terjadi bukan saja akan merusak reputasi anda namun bisa jadi pekerjaanpun akan melayang.


Perlakukan orang lain seperti anda perlakukan diri sendiri
Ini merupakan pepatah bijak yang bisa anda praktekan untuk menghindari emosi terhadap orang lain. Dengan memperlakukan orang lain dengn cara yang penuh hormat, anda pun akan mendapatkan hal serupa.

sumber : vision.net

No comments: