Monday, January 23, 2006

Upload Hasil Jepretanmu

Detikinet, Kalau Anda penggemar fotografi dan ingin mengasah kemampuan Anda soal jepret-menjepret, buruan gabung fotografer.net. Disini wadahnya fotografer berkumpul. Gak peduli amatir maupun profesional. Bahkan jika hanya sekedar peminat foto pun!

Jika masih pemula di dunia fotografi, Galeri Foto bisa jadi acuan untuk menambah inspirasi. Bahkan disini pun Anda bisa memberikan kritik konstruktif dan memberi rating akan hasil jepretan para anggota fotografer.net.

Menurut penuturan salah seorang fotografer amatir yang foto-fotonya ikutan juga mejeng di portal ini, fotografer.net membawa sejuta manfaat yang sangat membantu pengasahan bakatnya.

Seperti telah diwawancarai detikinet, Denny Setia Utama mengungkap, konten situs yang sederhana lagi menarik ini ternyata juga mudah dijelajah bagi orang-orang yang tak terbiasa browsing portal atau forum.

Lewat situs ini, pembahasan yang diperoleh benar-benar dalam mengenai segala hal berbau fotografi. Cakupan isinya pun luas. Mulai dari pembahasan segi teknis, aliran fotografi, dan lain sebagainya.

Bagi yang sedang mencari kamera fotografi, perangkat tambahan, maupun aksesori, forum jual beli sedianya akan cukup membantu. Sementara itu, dari fitur galeri, ia berpendapat, sistim upload dan kritik juga sangat baik.

"Nggak jarang juga sih, hasil jepretan kita mendapat kritikan yang tidak relevan. Tapi yang jelas, situs ini membantu banget terutama bagi kaum pemula. Dari forum maupun sub-forum, kita bisa mendapatkan informasi yang detil," tukas Denny.

Target awal yang sebenarnya ingin dicapai hanya sekitar 500 anggota dengan 5000 foto pada setahun pertama. Tetapi dalam waktu enam bulan, Fotografer.net kini sudah memiliki 5000 anggota dengan koleksi 16 ribu foto. Hal ini tidak terlepas dari dukungan publikasi beberapa media dengan skala nasional, salah satunya Detik.com.

Sekedar informasi, situs terkait diprakarsai oleh Valens Riyadi dan Kristupa Saragih, dua sahabat yang katanya sama-sama terobsesi oleh fotografi. Situs fotografer.net pertama kali diluncurkan pada tanggal 30 Desember 2002.

Meski pada tampilan awalnya fungsi yang tersedia hanya galeri foto dengan berbagai keterbatasan fungsi. Namun, seiring dengan perkembangan, beberapa fitur terus dibuat untuk semakin melengkapi tampilan. Antara lain Forum, Artikel, dan banyak detil fungsi lain yang turut menyemarakkan situsnya tukang jeprat-jepret ini.

Alamat situs: http://fotografer.net

No comments: