Thursday, January 05, 2006

Teh Kurangi Resiko Kanker Ovarium

Telah lama teh diyakini sebagai minuman yang memberik banyak manfaat bagi kesehatan. Dari sekian banyak manfaatnya, salah satunya yang baru ditemukan adalah teh setiap hari diyakini dapat mengurangi resiko kanker.


Dalam sebuah penelitian intensif ditemukan bahwa wanita yang minum dua cangkir atau lebih setiap hari memiliki 50 persen resiko lebih kecil terkena kanker ovarium dibanding mereka yang tidak munum teh. Dalam beberapa studi telah menujukan bahwa teh hijau atau teh hitam dapat memberikan dampak pelindungan terhadap beberapa jenis kanker.


Tetapi penelitian ini merupakan salah satu dari beberapa penelitian yang secara khusus mengeksplorasi hubungan antara konsumsi teh dan resiko kanker ovarium. Dalam penelitian terbaru yang dpublikasikan di Archives of Internal Medicine, para peneliti Swedia memeriksa sebanyak 61 ribu wanita yang berusia 40 hingga 76 tahun.


Para peserta penelitian diharuskan mengisi kuesioner mengenai kebiasaan makan dan minuman mereka antara tahun 1987 dan 1990 dan diikuti sampai Desember 2004 untuk melihat apakah mereka terkena kanker. Selama penelitian sebanyak 301 wanita didiagnosa memiliki kanker ovarium. Hasil penelitian menujukan kanker ovarium 46 persen resiko lebih kecil pada wanita yang minum dua cangkir atau lebih teh per hari dibanding mereka yang tidak minum sementara hanya 24 persen pada mereka yang minum hanya secangkir teh setiap hari.

Sumber : vision.net

No comments: